Tuesday 30 June 2015

Jadwal Perjalanan KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi - Gambir PP)

Melengkapi jadwal perjalanan kereta api di Jawa tahun 2015, saya awali dengan menyampaikan informasi jadwal perjalan salah satu kereta eksekutif kargo kebanggaan bangsa Indonesia. Bagi pelanggan kereta api kelas eksekutif, KA Argo Bromo Anggrek tentu sudah tidak asing lagi. Kereta jurusan dan dari Gambir – Surabaya Pasar Turi ini adalah salah satu jenis kereta api unggulan PT KAI. Nama kereta api ini diambil dari salah satu gunung di Jawa Timur yaitu Gunung Bromo; dan bunga yang sangat indah bentuk dan tampilannya yaitu Bunga Anggrek.

Nah, sebelum melihat jadwal perjalanan KA Argo Bromo yang memiliki jadwal perjalanan dari Surabaya Pasar Turi – Gambir PP, saya mau berbagi informasi tentang kereta ini.  Anda harus tahu kalau kereta ini merupakan kereta api kelas eksekutif argo terbaik yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa. Jurusan KA Argo Bromo Anggrek berangkat dari Stasiun Gambir menuju ke Stasiun Surabaya Pasar Turi (SBI) atau sebaliknya.

Stasiun Surabaya Pasar Turi berada di perbatasan antara Gundih, Bubutan, Surabaya dengan Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya. Stasiun ini menjadi tempat keberangkatan utama semua kereta api dari kota Surabaya yang melewati jalur Pantura.

Sebagai catatan, aktivitas di Stasiun Gambir sangat padat. Banyak kereta yang menjadikannya sebagai tujuan akhir sekaligus sebagai jalur Kereta Api Commuter yang melayani jalur Jakarta Kota - Bogor dan Jakarta Kota - Bekasi. Oleh karena itu  stasiun kereta api ini tersibuk di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Letak stasiun berada di Gambir, Jakarta Pusat. Usia stasiun ini sudah tua, karena dibangun pada dasawarsa 1930-an dengan nama Stasiun Koningsplein. Demi memberikan pelayanan terbaik, stasiun Gambir mendapatkan renovasi secara besar-besaran pada 1990-an.

KA Argo Bromo Anggrek memiliki keunggulan dibandingkan dengan kereta eksekutif lainnya. Hal ini dikarenakan rangkai KA Argo Bromo Anggrek memiliki kereta spesial dengan bogie K9 dan merupakan kebanggaan Daop 1 Jakarta dan Daop 8 Surabaya. Jarak perjalanan yang ditempuh oleh KA Kereta api ini adalah sejauh 725 km dengan waktu 9 jam. Waktu tempuh yang relatif cepat untuk model transportasi darat di Indonesia. Kereta api Argo Bromo Anggrek memiliki rangkaian gerbong antara 5 – 8 kereta kelas eksekutif.

Kereta ini hanya berhenti di beberapa stasiun kereta besar. Berangkat dari stasiun Surabaya Pasar Turi menuju stasiun Gambir – Jakarta yang ada di samping lokasi wisata tugu Monumen Nasional (Monas), sepanjang perjalanan ini hanya berhenti di Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan (untuk perjalanan pada pagi hari), dan Stasiun Cirebon.


KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi - Gambir PP)

KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi - Gambir PP)


Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan mengesankan. Tips singkat yang akan naik kereta ini: Pastikan anda sudah membeli tiket di tempat yang resmi, datanglah sebelum jam keberangkatan agar anda tidak tertingal kereta, bawalah kartu identitas diri, jaga barang bawaan Anda, dan tetap hati-hati selama perjalanan terhadap orang yang baru Anda kenal.

Jadwal Perjalanan KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi - Gambir PP) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown